Mengenal Cable-Stayed Bridge

Kutipan berita dari situs Departemen Pekerjaan Umum :

http://www.pu.go.id/index.asp?link=/humas/news2003/ppw130608gt.htm

PEMBANGUNAN SURAMADU CAPAI 82 PERSEN

Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) saat ini telah mencapai progres penyelesaian 82%. Saat ini pembangunan jembatan memasuki tahapan penting yakni pemasangan kabel baja pada bentang utama jembatan. “Dari segi teknis yang paling kritis adalah pemasangan kabel ini.” kata Direktur Pelaksanaan Jalan dan Jembatan Wilayah Barat Ditjen Bina Marga Departemen PU Hediyanto, di Jakarta, Jumat (13/6).

Pengerjaan bentang utama jembatan sepanjang 818 meter di lakukan oleh kontraktor dari China, sementara untuk jembatan penghubung dilakukan oleh kontraktor Indonesia. Namun untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jembatan penghubung, pengerjaannya juga dibantu oleh kontraktor China. Panjang jembatan ini adalah 5,4 Km dan ditargetkan dapat selesai pada April 2009. Hadirnya Jembatan Suramadu selain memberikan efisiensi biaya angkut dan waktu tempuh kendaraan juga dapat menjadi landmark dan menjadi daerah tujuan wisata.

Untuk memperindah Jembatan Suramadu pada malam hari, menurut Hediyanto pihaknya telah mengusulkan dilakukan pemasangan lampu-lampu sehingga akan menambah sisi artistik jembatan yang dibangun dengan biaya yang cukup mahal tersebut. Selain sisi artistik, pihaknya juga sudah mengusulkan kepada Bappenas pemasangan alat monitoring dan pembuatan museum. Alat monitoring akan digunakan untuk memantau kondisi jembatan dan mengetahui lebih awal bila terjadi kerusakan. Sementara museum akan digunakan sebagai dokumentasi perjalanan pembangunan Jembatan Suramadu. (gt)

 

Video animasi Jembatan Suramadu : 

Video pembangunan cable stayed bridge di Incheon, Korea Selatan :

Apa dan bagaimana jembatan type CABLE-STAYED ini dibangun ?

Silahkan download 2 materi PowerPoint ini (Read Only) :  Download, Download

17 thoughts on “Mengenal Cable-Stayed Bridge

  1. Selamat dengan lounching Knowledge Center BAP pak, insyaallah bermanfaat. terutama buat saya disaat pension nanti,jauh dan rindu BAP. teruskan perjuangan Pak May Allah Bless U

  2. menurutku ni hebat,,,,, paling tidak ada sesuatu yang istimewa di jawa,,,dan itu nilai artistik akan sangat menentukan keistimewaan jembatan ini….. plh ahli artistiknya yang sdh terbkti kalau bisa dari luar negri sekaliaan

  3. yth. kana c kalo lewat jembatan suramadu pake bayar segala pan aneh kususnya sepeda motor tu . emang di buatnya jembatan sura madu wat cari untung.
    maluuuuuuuuuuu dong m negara laen yang. trima kasih

  4. Subhanallaah…kalau manusia(makhluk diciptakan ALLAH) aja.., mampu bikin jembatan se-bagus dan sehebat itu..yg notabene hanya dikaruniai sebagian keciiil saja dari ilmu ALLAH…bisa sepandai (secanggih) itu bikin konstruksi jembatan yg kokoh yg mjd kebanggaan Indonesia….

    Apalagi ALLAH…, Dzat yg telah men-CIPTAKAN MANUSIA.., dan memberinya ILMU shg menjadilah ia seorang yg PANDAI dan HEBAT dalam BIDANGNYA…
    sungguh…ALLAH.., Dia-lah Dzat yg Maha Luas ilmu-Nya dan Maha Kuasa atas segala SESUATU…

    “Sesungguhnya kami Telah mengutus Rasul-Rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan Telah kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. dan Kami ciptakan BESI yang padanya terdapat KEKUATAN yang HEBAT dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan BESI itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.”

    Sudahkah kita menjadi Hamba-Nya yg pandai ber-SYUKUR…, dan MAMPU mengambil PELAJARAN (Hikmah) dari ayat-ayat ALLAH (AL-QUR’AN…)

    • “Sesungguhnya kami Telah mengutus Rasul-Rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan Telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. dan Kami ciptakan BESI yang padanya terdapat kKEKUATAN yang HEBAT dan berbagai MANFAAT bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan BESI itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah TIDAK DILIHATNYA. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.”
      (QS. AL-HADID [57]: 25 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s